Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Section Color Guard Di Ukm Drum Corps Saraswati Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Yudha Mangemba, Moh (2023) Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Section Color Guard Di Ukm Drum Corps Saraswati Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Moh. Yudha Mangemba_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Moh. Yudha Mangemba_2023_BAB I.pdf

Download (784kB)
[img] Text
Moh. Yudha Mangemba_2023_BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Moh. Yudha Mangemba_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Drum Corps Saraswati merupakan UKM marching band yang dimiliki oleh Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan section color guard merupakan salah satu divisi di marching band tersebut. Dalam pelatihan section color guard terdapat permasalahan seperti kurangnya tingkat kepemahaman anggota dan juga tidak digunakannya metode pembelajaran yang representatif, sehingga perlu diterapkannya suatu metode yang dapat meningkatkan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada section color guard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada section color guard di UKM Drum Corps Saraswati ISI Yogyakarta. Subjek penelitian ini ialah pelatih section color guard, tutor (kelompok ahli), dan kelompok anggota. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan yang digabungkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada section color guard di UKM Drum Corps Saraswati ISI Yogyakarta berjalan baik, namun terdapat beberapa langkah yang dilewatkan oleh pelatih seperti tidak diberikannya konsep garapan secara utuh tetapi memberikan arahan kepada kelompok ahli untuk fokus terhadap materi saja. Pelatih memilih kelompok ahli dengan pertimbangan secara teori, internal, dan eksternal. Pelatih memberikan materi koreografi “Api dalam Sekam” dengan materi body technique dan equipment flag. Selama penerapan ditemukan permasalahan terkait penguasaan materi dasar, untuk itu dibutuhkannya pemberian materi dasar yang menyeluruh dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran khususnya untuk anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yudha Mangemba, Mohnim1810194017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
ContributorMartin Simamora, Roynidn0024109007
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Color Guard, UKM Marching Band, Tutor Sebaya
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Moh. Yudha Mangemba
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:07
Last Modified: 02 Aug 2023 05:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item