Implementasi Nilai Gotong Royong Dan Kedisiplinan Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Karawitan Di SMP PGRI Semanu Gunungkidul

Eka Safitri, Apsari (2023) Implementasi Nilai Gotong Royong Dan Kedisiplinan Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Karawitan Di SMP PGRI Semanu Gunungkidul. Skripsi thesis, Institute Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Apsari Eka Safitri_2016_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Apsari Eka safitri_2016_BAB I.pdf

Download (698kB)
[img] Text
Apsari Eka Safitri_2016_BABV.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Apsari Eka Safitri_2016_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pendidikan karakter menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Pembentuk karakter dapat diterapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan. Proses pembelajaran ekstrakurikuler seni karawitan di SMP PGRI Semanu menerapkan nilai pendidikan karakter di antaranya nilai gotong royong dan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi nilai gotong royong dan kedisiplinan pada kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan di SMP PGRI Semanu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kondisi alamiah sebagaimana adanya dengan objek penelitian penerapan nilai gotong royong dan kedisiplinan pada pembelajaran ekstrakurikuler seni karawitan di SMP PGRI Semanu. Subjek penelitiannya siswa-siswa anggota ekstrakurikuler seni karawitan dan pelatihya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi nilai gotong royong dan kedisiplinan pada kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter adalah dengan adanya perubahan sikap menjadi lebih baik yang ditunjukkan siswa dalam keseharian di sekolah seperti disiplin adalah datang tepat waktu, konsisten dalam menabuh gamelan, duduk bersila saat menabuh gamelan, mencatat pada buku catatan saat pelatih memberikan materi, membersihkan tempat latihan (balai dusun). Nilai gotong royong adalah rukun dengan sesama teman, saling bekerjasama, saling membantu, mengusung gamelan, tabuhan gamelan saling berkaitan antara instrumen satu dengan yang lain sehingga menciptakan suara yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Eka Safitri, Apsarinim1610090017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Nilai gotong royong, nilai kedisiplinan, ekstrakurikuler seni karawitan
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Apsari Eka Safitri
Date Deposited: 01 Aug 2023 09:02
Last Modified: 01 Aug 2023 09:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14541

Actions (login required)

View Item View Item