Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Materi Pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta

Handayani, Monika (2023) Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Materi Pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Monika Handayani_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Monika Handayani_2023_BAB 1.pdf

Download (996kB)
[img] Text
Monika Handayani_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (527kB)
[img] Image
Monika Handayani_2019_PERSETUJUAN PUBLIKASI.jfif
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul peserta didik kelas VIII A tidak bersemangat. Pada waktu guru menjelaskan materi, peserta didik tidak memperhatikan dan tidak aktif saat mengikuti pembelajaran, tidak ada interaksi antara guru dengan peserta didik begitupun sesama peserta didik yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah guru Seni Budaya serta peserta didik kelas VIII A dan objeknya ialah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi pantomim. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validasi data pada penelitian kualitatif menggunakan triangulasi teknik, dan untuk analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Terdapat peningkatan nilai peserta didik dari pretest, siklus satu, dan dua. Nilai rata-rata pretest adalah 67, siklus satu menjadi 74, karena belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 75 maka dilanjutkan siklus dua dengan nilai rata-rata 78. Persentase peningkatan pada masing-masing siklus pretest ke siklus satu sebesar 10,45 %, dan dari siklus satu ke dua menjadi 5,41%. Peningkatan pretest ke siklus kedua sebesar 16,42%. Selain itu TGT juga menjadikan peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan mau berlatih pantomim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Handayani, Monikanim1910235017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorIswantara, Nurnidn0019066403
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran,Teams Games Tournament, Pantomim
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Monika Handayani
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:20
Last Modified: 02 Aug 2023 01:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item