Strategi Pembelajaran Langsung pada Tari Kreasi di Kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta

Evita Christianti, Sarah (2024) Strategi Pembelajaran Langsung pada Tari Kreasi di Kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Sarah Evita Christianti_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Sarah Evita Christianti_2024_BAB I.pdf

Download (906kB)
[img] Text
Sarah Evita Christianti_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (738kB)
[img] Text
Sarah Evita Christianti_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul Strategi Pembelajaran Langsung Pada Tari Kreasi di Kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta berlatar belakang mengenai fenomena dalam kelas yang terdapat dua jenis siswa, siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus dan guru harus memakai satu strategi pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran tari kreasi di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Metode penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran tari kreasi yang digunakan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan waktu. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tari kreasi di kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta adalah strategi pembelajaran langsung dengan enam komponen strategi pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran, materi/bahan pelajaran, kegiatan pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evalusi pembelajaran. Metode ceramah dilakukan di awal untuk penjelasan pembelajaran tari kreasi, diskusi dilakukan untuk membantu siswa dalam memahami pembelajaran, demonstrasi dan latihan (drill) dilakukan agar siswa lebih memahami di setiap gerak tari kreasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Evita Christianti, Sarahnim1910238017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartin Simamora, Roynidn0024109007
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI#88209
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, pembelajaran tari kreasi
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Sarah Evita Christianti
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:57
Last Modified: 01 Feb 2024 02:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item