Penerapan Metode Kodaly pada Pembelajaran Seni Musik Recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

Muslim, Muslim (2024) Penerapan Metode Kodaly pada Pembelajaran Seni Musik Recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Muslim_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Muslim_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Muslim_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text
Muslim_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN- PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
Muslim_2024_BAB 1.pdf

Download (751kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dalam pendidikan seni, terutama dalam pembelajaran seni musik, jelas terlihat beragam kemampuan musikal siswa. Beberapa memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi, sementara yang lain mungkin memiliki kemampuan yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Kodaly dalam pembelajaran seni musik recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis Peneitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru seni budaya serta peserta didik kelas VII A dan objeknya ialah metode Kodaly pada pembelajaran seni musik recorder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validasi data pada penelitian kulitatif menggunakan triangulasi teknik, dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini telah berhasil menanggapi permasalahan yang diajukan dan membuktikan bahwa penerapan metode Kodaly hand sign dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Dapat diamati bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan setiap siklus berlangsung. Pada tahap siklus pertama, hanya 12 siswa yang berhasil mencapai kriteria penilaian, mencakup 48% dari total siswa. Selanjutnya pada siklus II, terlihat bahwa 22 siswa berhasil mencapai kriteria penilaian mencakup presentase sebesar 88%. Total presentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 40%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Kodaly hand sign pada pembelajaran seni musik recorder mengalami peningkatan yang tinggi setiap kali siklus berjalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Muslim, Muslimnim1910217017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorNendra Pratama, Ujangnidn0508029101
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
Department: KODEPRODI#88209
Uncontrolled Keywords: Metode Kodaly, bermain recorder, pembelajaran musik
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Muslim Muslim
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:54
Last Modified: 06 Feb 2024 05:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item