Eka Saputri, Ananda (2024) Pembelajaran Tari Incling Jangget dengan Media TikTok pada Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ananda Eka Saputri_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ananda Eka Saputri_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (641kB) |
|
Text
Ananda Eka Saputri_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text
Ananda Eka Saputri_2024_LEMBAR PERYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
Ananda Eka Saputri_2024_BAB I.pdf Download (616kB) |
Abstract
SMP Negeri 3 Sewon memiliki beberapa ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan diri bagi peserta didik. Salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 3 Sewon yaitu ekstrakurikuler tari. Materi yang disampaikan pada semester genap yaitu Tari Incling Jangget. Kendala yang dialami peserta didik yaitu kesulitan menghafal materi gerak yang disampaikan karena tidak semua peserta didik memiliki pengalaman menari. Peserta didik membutuhkan waktu dan alat bantu untuk mencapai target penghafalan, oleh karena itu memanfaatkan TikTok sebagai media pembelajaran Tari Incling Jangget pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon dalam bentuk video tari utuh. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran Tari Incling Jangget dengan media TikTok pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian yaitu pembelajaran Tari Incling Jangget dengan media TikTok pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul dan subjek penelitian yaitu peserta didik, pelatih tari, Guru Seni Budaya, dan tim pengkarya Tari Incling Jangget. Penelitian ini menggunakan teknik validasi triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis TikTok oleh pelatih dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon dikatakan sangat berhasil, karena TikTok dapat memudahkan peserta didik hingga mencapai target penghafalan. Pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran juga mendapatkan respon positif dari peserta didik, yang menyatakan bahwa media TikTok menjadikan lebih semangat belajar karena membantu proses penghafalan gerakan tari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Media Pembelajaran, Tari Incling Jangget, Ekstrakurikuler | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Ananda Eka Saputri | |||||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:16 | |||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:21 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16505 |
Actions (login required)
View Item |