Pembelajaran Tari Incling Jangget dengan Media TikTok pada Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul

Eka Saputri, Ananda (2024) Pembelajaran Tari Incling Jangget dengan Media TikTok pada Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ananda Eka Saputri_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ananda Eka Saputri_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (641kB)
[img] Text
Ananda Eka Saputri_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
Ananda Eka Saputri_2024_LEMBAR PERYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
Ananda Eka Saputri_2024_BAB I.pdf

Download (616kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

SMP Negeri 3 Sewon memiliki beberapa ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan diri bagi peserta didik. Salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 3 Sewon yaitu ekstrakurikuler tari. Materi yang disampaikan pada semester genap yaitu Tari Incling Jangget. Kendala yang dialami peserta didik yaitu kesulitan menghafal materi gerak yang disampaikan karena tidak semua peserta didik memiliki pengalaman menari. Peserta didik membutuhkan waktu dan alat bantu untuk mencapai target penghafalan, oleh karena itu memanfaatkan TikTok sebagai media pembelajaran Tari Incling Jangget pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon dalam bentuk video tari utuh. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran Tari Incling Jangget dengan media TikTok pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian yaitu pembelajaran Tari Incling Jangget dengan media TikTok pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon Bantul dan subjek penelitian yaitu peserta didik, pelatih tari, Guru Seni Budaya, dan tim pengkarya Tari Incling Jangget. Penelitian ini menggunakan teknik validasi triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis TikTok oleh pelatih dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 3 Sewon dikatakan sangat berhasil, karena TikTok dapat memudahkan peserta didik hingga mencapai target penghafalan. Pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran juga mendapatkan respon positif dari peserta didik, yang menyatakan bahwa media TikTok menjadikan lebih semangat belajar karena membantu proses penghafalan gerakan tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Eka Saputri, Anandanim1910250017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: TikTok, Media Pembelajaran, Tari Incling Jangget, Ekstrakurikuler
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ananda Eka Saputri
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:16
Last Modified: 19 Feb 2024 01:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16505

Actions (login required)

View Item View Item