Indrileani, Dewi (2024) Media Pembelajaran Berbasis Podcast Berbantuan Aplikasi Spotify pada Materi Lagu Daerah dengan Dua Suara di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
DEWI INDRILEANI_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
DEWI INDRILEANI_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
DEWI INDRILEANI_2024_BAB V.pdf Download (404kB) |
|
Text
DEWI INDRILEANI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan gaya belajar siswa memiliki perbedaan salah satunya gaya belajar auditori. Pemenuhan gaya belajar auditori membutuhkan kehadiran sebuah media pembelajaran. Perlunya inovasi media pembelajaran agar dapat memfasilitasi gaya belajar siswa dan karakteristik lagu daerah dengan dua suara. Media pembelajaran dapat memfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan auditori dalam menerima materi pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis podcast yang berbantuan dengan Aplikasi Spotify pada materi lagu daerah dengan dua suara menjadi salah satu ketertarikan untuk mengembangkan produk. Pengembangan media tersebut menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk media pembelajaran berbasis podcast berbantuan Aplikasi Spotify pada materi lagu daerah dengan dua suara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE. Objek penelitian dan pengembangan ini merupakan media audio yang merujuk pada media pembelajaran berbasis podcast berbantuan Aplikasi Spotify. Subjek penelitian, yaitu ahli instrumen, ahli media, dan pengguna atau siswa kelas VIII A dan VIII G. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari hasil kuesioner (angket) terbuka untuk uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Setelah data terkumpul, kemudian dilaksanakan analisis data dengan merangkum hasil jawaban atau pendapat siswa pada kuesioner terbuka. Hasil penelitian ini memperoleh media pembelajaran berbasis podcast berbantuan Aplikasi Spotify pada materi lagu daerah dengan dua suara di kelas VIII G SMP Negeri 1 Yogyakarta. Podcast ini memiliki durasi 28 menit 1 detik yang memberikan penjelasan materi lagu daerah dengan dua suara. Penjelasan materi lagu daerah dengan dua suara terdapat penjabaran makna, ciri-ciri, dan fungsi lagu daerah. Selain itu, terdapat pemanasan sebelum bernyanyi dan praktik menyanyikan lagu Gundhul Pacul dan Suwe Ora Jamu dengan satu suara dan dua suara. Media pembelajaran podcast sudah divalidasi oleh ahli sehingga layak diunggah pada Aplikasi Spotify dengan judul Bernyanyi Lagu Daerah dengan Dua Suara, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | addie, media pembelajaran, podcast, spotify, lagu daerah | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Dewi Indrileani | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:06 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:06 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16901 |
Actions (login required)
View Item |