Siti Nurya, Nadya (2024) Implementasi Model Project Based Blended Learning pada Pembelajaran Ansambel Musik di Kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
NADYA SITI NURYA_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
NADYA SITI NURYA_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
NADYA SITI NURYA_2024_BAB V.pdf Download (507kB) |
|
Text
NADYA SITI NURYA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran merupakan proses perencanaan yang digunakan untuk pedoman dalam langkah pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran dalam konteks peningkatan mutu perolehan hasil belajar siswa perlu diupayakan secara terus menerus dan bersifat komprehensif. Seiring perkembangan waktu, kemajuan digitalisasi, serta akibat pandemi COVID-19, penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat digabungkan dengan Blended Learning, artinya PjBL dan Blended Learning dapat disusun menjadi model pembelajaran yang disebut Project Based Blended Learning (PjB2L), yakni pengembangan pembelajaran dengan memadukan sintaks Blended Learning dan Project Based Learning. Konsep pembelajaran tersebut menggabungkan pembelajaran tatap muka berbasis proyek dan pembelajaran daring melalui media berbasis teknologi. PjB2L menjadi salah satu model yang diterapkan pada pembelajaran Seni Budaya kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Project Based Blended Learning di kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini model Project Based Blended Learning pada pembelajaran ansambel musik di kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Subjek pada penelitian ini yaitu guru Seni Budaya, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan seluruh siswa kelas XI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dalam bentuk Google Form. Setelah data didapatkan, dilakukan validasi dengan triangulasi teknik dan sumber. Tahap analisis data yang terkumpul dari narasumber tentang implementasi model PjB2L pada ansambel musik disusun menjadi data terstruktur. Pernyataan narasumber dipilah dan dicek kembali untuk mendapatkan informasi yang valid tentang implementasi model PjB2L pada ansambel musik di kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik Hasil penelitian ini ditemukan implementasi enam fase pada model PjB2L yaitu 1) Dimulai dengan pertanyaan esensial; 2) Melakukan desain rencana proyek, 3) Membuat jadwal, 4) Memantau siswa dan kemajuan proyek, 5) Menilai hasil, dan 6) Mengevaluasi pengalaman. Sementara itu proyek pembelajaran ansambel musik terdapat dua penugasan, pertama proyek mandiri memainkan akor nada menggunakan Aplikasi Perfect Piano dan GarageBand dan yang kedua yakni proyek kelompok ansambel yang dipentaskan secara tatap muka. Aplikasi yang paling banyak digunakan siswa dalam praktik akor nada adalah Aplikasi Perfect Piano dengan begitu pembelajaran dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah. Pembelajaran ansambel musik berbantuan platform Google Classroom sebagai media utama yang kemudian juga didukung dengan penggunaan Aplikasi Perfect Piano.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: model pembelajaran, pjb2l, ansambel. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | NADYA SITI NURYA | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 08:11 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:11 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17007 |
Actions (login required)
View Item |