Maretaura Lesmana, Tarisya (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Teater pada Siswa Kelas VII di MTs Negeri 5 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
TARISYA MARETAURA LESMANA_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
TARISYA MARETAURA LESMANA_2024_BAB I.pdf Download (766kB) |
|
Text
TARISYA MARETAURA LESMANA_2024_BAB V.pdf Download (327kB) |
|
Text
TARISYA MARETAURA LESMANA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
Abstract
MTs Negeri 5 Bantul merupakan salah satu madrasah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. MTs Negeri 5 Bantul telah melaksanakan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2023 dan baru diterapkan pada siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pelajaran Seni Teater kelas VII di MTs Negeri 5 Bantul. Selain itu, untuk mengetahui hal-hal yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pelajaran Seni Teater kelas VII di MTs Negeri 5 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu implementasi Kurikulum Merdeka dalam pelajaran Seni Teater. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, guru Seni Teater, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Kepala MTs Negeri 5 Bantul. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara interaktif menggunakan model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Negeri 5 Bantul telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran Seni Teater kelas VII. Pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran guru melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Siswa kelas VII telah mencapai target dimensi Profil Pelajar Pancasila dan karakteristik Kurikulum Merdeka pada kegiatan pembelajaran Seni Teater. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ditargetkan oleh guru yaitu elemen beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri, sedangkan karakteristik Kurikulum Merdeka telah diterapkan oleh guru seperti pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) dan dimensi Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran berbasis kompetensi, dan pembelajaran fleksibel. Implementasi Kurikulum Merdeka terdapat faktor-faktor pendukung seperti sarana yang mendukung dan kesiapan guru dalam mengajar, sedangkan faktor penghambat yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda dan prasarana yang kurang mendukung untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran Seni Teater kelas VII.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Seni Teater, MTs Negeri 5 Bantul. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Tarisya Maretaura Lesmana | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 08:23 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:23 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17012 |
Actions (login required)
View Item |