Nilai Pendidikan Asah Asih Asuh dalam Materi Tembang Dolanan Anak di Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur

Virginia Cindy Pramudia, Rosa (2024) Nilai Pendidikan Asah Asih Asuh dalam Materi Tembang Dolanan Anak di Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ROSA VIRGINIA CINDY PRAMUDIA_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
ROSA VIRGINIA CINDY PRAMUDIA_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ROSA VIRGINIA CINDY PRAMUDIA_2024_BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
ROSA VIRGINIA CINDY PRAMUDIA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Perkembangan pariwisata di wilayah Borobudur semakin masif. Sejalan dengan hal tersebut, Sekolah Kasih I-CARE Nusantara memiliki visi untuk dapat meningkatkan SDM bagi anak-anak setempat melalui pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas diupayakan melalui misi penerapan pola asah asih asuh sebagai dasar metode pembelajarannya. Pola ini diterapkan sejalan dengan kemerdekaan belajar dalam prosesnya. Pengajaran yang diberikan bukan hanya berupa pengetahuan, melainkan keterampilan, tata krama, dan pengajaran dasar kehidupan lainnya. Para pengelola juga bertekad untuk dapat terus mewariskan ilmu-ilmu dasar berbasis kebudayaan Jawa bagi para murid, salah satunya melalui pembelajaran materi tembang dolanan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan asah asih asuh dalam materi tembang dolanan anak di Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan asah asih asuh dalam materi tembang dolanan anak. Sumber data yaitu pendiri sekolah, pengajar, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai pendidikan asah asih asuh yang ditemukan pada lirik tembang dolanan anak, proses pembelajaran dan sikap pengajar. Nilai asah ditemukan pada proses pembelajaran tembang dolanan anak, nilai asih terdapat pada lirik tembang dolanan anak dan sikap pengajar, nilai asuh ditemukan pada sikap pengajar dan proses pembelajaran. Nilai asih merupakan nilai pendidikan yang paling dominan. Kekhasan penerapan nilai pendidikan asah asih asuh terdapat pada variasi penempatan materi tembang dolanan anak yaitu pada inti kegiatan dan kegiatan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Virginia Cindy Pramudia, Rosanim2010277017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Contributor-, Sarjiwonidn0016096109
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan asah asih asuh, tembang dolanan anak, Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Rosa Virginia Cindy Pramudia
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:20
Last Modified: 30 Jul 2024 08:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item