Implementasi Teori Belajar Behavioristik pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 14 Yogyakarta

Herlinda Jeminu, Paskalia (2024) Implementasi Teori Belajar Behavioristik pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
PASKALIA HERLINDA JEMINU_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PASKALIA HERLINDA JEMINU_2024_BAB I.pdf

Download (810kB)
[img] Text
PASKALIA HERLINDA JEMINU_2024_BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
PASKALIA HERLINDA JEMINU_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
Official URL: http://digilib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Implementasi Teori Belajar Behavioristik pada Pembelajaran Ekstrakurikuler di SMP Negeri 14 Yogyakarta” dilatarbelakangi oleh daya tarik pembelajaran ini sehingga diminati oleh peserta didik, banyak menyumbang prestasi untuk sekolah, dan aktif mengisi paduan suara dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti pentas seni dan upacara bendera. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 14 Yogyakarta khususnya kaitannya dengan implementasi teori belajar behavioristik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disusun dalam bentuk deskripsi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler di SMP Negeri 14 Yogyakarta telah menerapkan pendekatan pembelajaran sesuai dengan teori belajar behavioristik yaitu adanya stimulus dan respon antara guru dan peserta didik. Stimulus yang diberikan yaitu persiapan, latihan, reward dan punishment, dan evaluasi serta penilaian. Pembelajaran dengan penerapan prinsip teori belajar behavioristik terlaksana dengan baik. Peserta didik mampu menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa sesuai dengan notasi dan teknik yang tepat. Guru memberikan penilaian sebagai bentuk pengukuran capaian kemampuan peserta didik yang dapat diamati sebagai suatu bentuk perubahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Herlinda Jeminu, Paskalianim2010289017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
ContributorArif Anadhita, Nurnidn0015109107
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: behavioristik, reward, punishment, stimulus, respon, paduan suara.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Paskalia Herlinda Jeminu
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:18
Last Modified: 02 Aug 2024 03:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item