Yohana Silvi, Margareta (2024) Materi Seni Drama Tari dan Musik dalam Program Kampus mengajar Angkatan 7 di SD Negeri Bangunharjo Sewon Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Margareta Yohana Silvi_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Margareta Yohana Silvi_2024_BAB I.pdf Download (941kB) |
|
Text
Margareta Yohana Silvi_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (227kB) |
|
Text
Margareta Yohana Silvi_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Kampus Mengajar merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan membuat program kerja. Keberadaan Kampus Mengajar di SD Negeri Bangunharjo dari Tahun 2023 dipengaruhi oleh tingkat literasi dan numerasi yang masih rendah. Program Kampus Mengajar melibatkan mahasiswa dalam berbagai bidang salah satunya bidang seni. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan materi seni drama, tari, dan musik dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD Negeri Bangunharjo Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus versi Robert Stake. Objek penelitian adalah materi seni drama tari dan musik dalam program Kampus Mangajar Angkatan 7. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7, wali kelas, kepala sekolah dan peserta didik SD Negeri Bangunharjo Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumen laporan kegiatan. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulagi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan melalui tahapan yaitu agresi kategori (categorical aggregation). Interpretasi langsung (direct interpretation), membentuk pola dan mencari kesepadanan antar kategori (establishes patterns and looks for a correspondence between two or more categories), generalisasi naturalistik (naturalistic generalizations). Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi seni drama, tari, dan musik digunakan dalam penyusunan program kerja mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD Negeri Bangunharjo. Program kerja yang bermuatan seni drama tari dan musik terdapat pada program pembuatan Film Pendek Anti Narkoba, Latihan Upacara, Record Mars SD Negeri Bangunharjo, Botol Berjalan, Mading Literasi, Koleksi Buku Pojok Baca (Buku Drama, Tari dan Musik), Program Festival Lomba Literasi Numerasi (FL2P) dan Spinner Literasi. Program Kampus mengajar yang memiliki muatan seni drama tari dan musik mempermudah mahasiswa dalam mengembangkan program kerja yang kreatif dan inovatif sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam melakukan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI002005#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | kampus mengajar, seni drama tari dan musik, MBKM | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Margareta Yohana Silvi | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:20 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:20 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17454 |
Actions (login required)
View Item |