Anugerah, Muhammad Rizaldy (2024) Metode Eurythmic Dalcroze Dalam Penerapan Keterampilan Ritmis Siswa Gitar Klasik di Rhythm Star Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Muhammad Rizaldy Anugerah_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Rizaldy Anugerah_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Rizaldy Anugerah_2024_BAB V.pdf Download (213kB) |
|
Text
Muhammad Rizaldy Anugerah_2024_ PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
Abstract
Rhythm Star Music School merupakan lembaga nonformal yang pada proses pembelajarannya menggunakan metode drill atau metode belajar yang dilakukan dengan latihan secara terus-menerus untuk mencapai target pembelajaran tertentu. Namun metode ini cenderung menimbulkan kejenuhan terhadap siswa di kelas gitar klasik khusunya pada materi ritmis. Oleh karena itu, perlu inovasi ataupun alternatif dalam memilih metode pembelajaran salah satunya adalah metode eurythmic dalcroze. Metode Eurythmic Dalcroze ini mengajarkan musik melalui gerak, dengan tujuan agar dapat merasakan elemen-elemen musik yang diajarkan. Eurythmic Dalcroze berperan penting dalam membantu latihan ritmis di suatu kelas gitar klasik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode Eurythmic Dalcroze. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapaan metode Eurythmic Dalcroze pada kelas gitar klasik, sedangkan subjeknya yaitu siswa dan guru kelas gitar klasik di Rhythm Star Music School Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara (interview) dan tes keterampilan. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri yang dibantu dan didukung oleh instrumen lainnya. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduction, data display, dan conculison drawing/verification. Indikator capaian dalam penelitian ini adalah dapat diketahui dan dianalisis serta mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan Metode Eurythmic Dalcroze. Setelah semua indikator telah dinilai, guru melakukan penilaian akhir untuk mengetahui nilai keseluruhan yang dicapai siswa selama proses pembelajaran dan ujian. Nilai akhir diperoleh berdasarkan rumus yang disusun oleh peneliti. Metode ini dapat bermanfaat dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran dalam penerapan ritmis. Pengajaran eurythmic melibatkan penggunaan ritme, improvisasi, dan harmoni untuk menciptakan ritme dan melodi. Pengajaran solfeggio melibatkan improvisasi dan aransemen musik untuk menciptakan harmoni dan ritme. Pengajaran improvisasi digunakan untuk mengembangkan kreativitas spontanitas ketika sebagian musik menjadi fokus pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Eurythmic Dalcroze, Pembelajaran Ritmis, Gitar Klasik | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Rizaldy Anugerah | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:12 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17498 |
Actions (login required)
View Item |