Pengaruh Persepsi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tari Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan

Intan Permatasari, Dwi (2025) Pengaruh Persepsi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tari Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Dwi Intan Permatasari_2025_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DWI INTAN_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Dwi Intan Permatasari_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Dwi Intan Permatasari_2025_BAB I.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Mata pelajaran Seni Budaya memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami seni berdasarkan konteks ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, praktik pembelajaran Seni Budaya, khususnya tari, menemui banyak hambatan. Beberapa di antaranya adalah karena persepsi bahwa Seni Budaya bukanlah mata pelajaran penting yang akan diujikan dalam ujian nasional atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi. Selanjutnya, yaitu kurangnya dorongan untuk mempelajari tari. Seni tari dipandang sebagai suatu bidang yang hanya ditekuni sebagai hobi dan kesenangan, bukan sebagai suatu bidang ilmu yang perlu disikapi dengan serius dalam praktik belajar mengajar. Kondisi tersebut bersamaan dengan adanya nilai hasil belajar mata pelajaran tari yang tersebar kurang merata di antara para siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar pengaruh persepsi dan motivasi belajar pada hasil belajar mata pelajaran tari siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kalasan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Teknik pegambilan sampel menggunakan simple random sampling dan instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket atau kuisioner. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov sementara uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) persepsi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan sig 0,01 < 0,05. (2) Motivasi belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan sig 0,89 > 0,05. (3) Persepsi dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan sig.F 0,039 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Intan Permatasari, Dwinim2010273017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorNendra Pratama, Ujangnidn0508029101
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: persepsi tari, motivasi belajar, hasil belajar, pelajaran tari
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Dwi Intan Permatasari
Date Deposited: 10 Feb 2025 06:19
Last Modified: 10 Feb 2025 06:19
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19511

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item