Implementasi Metode Diskusi Pada Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Indonesia Pusaka di Kelas IX SMP Negeri 5 Batam

Parsaulian Nainggolan, Moses (2025) Implementasi Metode Diskusi Pada Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Indonesia Pusaka di Kelas IX SMP Negeri 5 Batam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui cara guru seni budaya kelas IX SMP Negeri 5 Batam dalam mengimplementasikan metode diskusi pada pembelajaran lagu wajib nasional dan untuk mengetahui peran metode diskusi terhadap pembelajaran lagu wajib nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pasif, wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (Conclusions). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi pada pembelajaran lagu wajib nasional dinilai sangat efektif dalam mendukung proses belajar mengajar. Guru dapat memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk berfikir secara kritis dalam memahami makna yang terkandung pada lagu Indonesia Pusaka sehingga mendapatkan respons yang baik dan antusiasme yang tinggi dari peserta didik, sehingga menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran lagu wajib nasional menjadi media yang efektif untuk menanamkan pendidikan karakter dan nilai nilai Pancasila pada peserta didik. Pembelajaran lagu wajib nasional dapat mengembangkan karakter dan wawasan kebangsaan pada peserta didik. Syair lagunya yang bermakna dapat membentuk pendidikan karakter dan kecintaan peserta didik terhadap identitas nasional dan tanah air. Melalui lagu wajib nasional peserta didik juga mendapatkan pelajaran tentang patriotisme, persatuan dan nilai nilai kebangsaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Parsaulian Nainggolan, Mosesnim21103160132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWarsono, Warsononidn0003018408
ContributorR. M. Surtihadi, R.M. Surtihadinidn0005077006
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode diskusi; Pembelajaran lagu wajib nasional; Indonesia Pusaka
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Moses Parsaulian Nainggolan
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:26
Last Modified: 25 Jun 2025 01:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item