Parsaulian Nainggolan, Moses (2025) Implementasi Metode Diskusi Pada Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Indonesia Pusaka di Kelas IX SMP Negeri 5 Batam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Moses Parsaulian Nainggolan_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui cara guru seni budaya kelas IX SMP Negeri 5 Batam dalam mengimplementasikan metode diskusi pada pembelajaran lagu wajib nasional dan untuk mengetahui peran metode diskusi terhadap pembelajaran lagu wajib nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pasif, wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (Conclusions). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi pada pembelajaran lagu wajib nasional dinilai sangat efektif dalam mendukung proses belajar mengajar. Guru dapat memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk berfikir secara kritis dalam memahami makna yang terkandung pada lagu Indonesia Pusaka sehingga mendapatkan respons yang baik dan antusiasme yang tinggi dari peserta didik, sehingga menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran lagu wajib nasional menjadi media yang efektif untuk menanamkan pendidikan karakter dan nilai nilai Pancasila pada peserta didik. Pembelajaran lagu wajib nasional dapat mengembangkan karakter dan wawasan kebangsaan pada peserta didik. Syair lagunya yang bermakna dapat membentuk pendidikan karakter dan kecintaan peserta didik terhadap identitas nasional dan tanah air. Melalui lagu wajib nasional peserta didik juga mendapatkan pelajaran tentang patriotisme, persatuan dan nilai nilai kebangsaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Metode diskusi; Pembelajaran lagu wajib nasional; Indonesia Pusaka | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Moses Parsaulian Nainggolan | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:26 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:21 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |