Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013 (2017) Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (949kB) | Preview |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
||
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab v pen.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Ayub Prasetiyo , A. Gathut Bintarto T | ||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Band, Anak Berkebutuhan Khusus | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 17 Jan 2018 02:58 | ||||
Last Modified: | 17 Jan 2018 02:58 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2898 |
Actions (login required)
View Item |