Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul

Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013 (2017) Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v pen.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Ayub Prasetiyo , A. Gathut Bintarto T
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Band, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:58
Last Modified: 17 Jan 2018 02:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item