Utami, Pratiwi (2012) Kajian Ragam Strategi Komunikasi Verbal dan Visual Advertorial pada Majalah Perempuan di Indonesia Tahun 2010-2012. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (921kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian "Kajian Ragam Strategi Komunikasi Verbal dan Visual Advertorial pada Majalah Perempuan di Indonesia Tahun 2010-2012" ini berusaha mengetahui keragaman strategi komunikasi yang terdapat dalam advertorial. Berdasarkan pengamatan, keberadaan advertorial seakan mudah diterima oleh pembaca dibanding iklan display, iklan kolom , maupun iklan baris. Selain itu dari hasil pengamatan ditemukan beranekaragam bentuk dan kategori pada advertorial. Masing-masing advertorial memiliki ciri dan bentuk yang berbeda-beda . Sehingga dalam hal inilah kiranya perlu dilakukan sebuah penelitian yang meneliti lebih jauh tentang ragarn strategi komunikasi advertorial di beberapa majalah perempuan yang terbit di Indonesia. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial maka teori yang digunakan dalam analisis ini adalah teori analisis wacana didukung pengetahuan semiotika visual , analisis layout dan analisis isi. Teori dan pengetahuan pendukung tersebut digunakan sebagai alat meneliti strategi komunikasi verbal dan visual yang terdapat pada advertorial. Melalui analisis data dan deskripsi hasil penelitian ini akhimya diketahui bahwa terdapat berbagai macam strategi yang ada pada advertorial. Strategi strategi tersebut dapat berupa strategi pada wacana yang dibawakan, strategi visual dengan menggunakan unsur-unsur visual tertentu , strategi layout dengan pen-displayan teks, dan visual serta strategi penekanan dengan menggunakan unsur verbal dan visual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Advertorial , Verbal , Visual | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2020 07:02 | |||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2020 07:02 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6630 |
Actions (login required)
View Item |