Kajian Ragam Strategi Komunikasi Verbal dan Visual Advertorial pada Majalah Perempuan di Indonesia Tahun 2010-2012

Utami, Pratiwi (2012) Kajian Ragam Strategi Komunikasi Verbal dan Visual Advertorial pada Majalah Perempuan di Indonesia Tahun 2010-2012. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (921kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian "Kajian Ragam Strategi Komunikasi Verbal dan Visual Advertorial pada Majalah Perempuan di Indonesia Tahun 2010-2012" ini berusaha mengetahui keragaman strategi komunikasi yang terdapat dalam advertorial. Berdasarkan pengamatan, keberadaan advertorial seakan mudah diterima oleh pembaca dibanding iklan display, iklan kolom , maupun iklan baris. Selain itu dari hasil pengamatan ditemukan beranekaragam bentuk dan kategori pada advertorial. Masing-masing advertorial memiliki ciri dan bentuk yang berbeda-beda . Sehingga dalam hal inilah kiranya perlu dilakukan sebuah penelitian yang meneliti lebih jauh tentang ragarn strategi komunikasi advertorial di beberapa majalah perempuan yang terbit di Indonesia. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial maka teori yang digunakan dalam analisis ini adalah teori analisis wacana didukung pengetahuan semiotika visual , analisis layout dan analisis isi. Teori dan pengetahuan pendukung tersebut digunakan sebagai alat meneliti strategi komunikasi verbal dan visual yang terdapat pada advertorial. Melalui analisis data dan deskripsi hasil penelitian ini akhimya diketahui bahwa terdapat berbagai macam strategi yang ada pada advertorial. Strategi­ strategi tersebut dapat berupa strategi pada wacana yang dibawakan, strategi visual dengan menggunakan unsur-unsur visual tertentu , strategi layout dengan pen-displayan teks, dan visual serta strategi penekanan dengan menggunakan unsur verbal dan visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Utami, Pratiwinim0711598024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRahayu, Hestinidn0030077401
UNSPECIFIEDWidyatmoko, FX.nidn0010077504
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Advertorial , Verbal , Visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 29 Sep 2020 07:02
Last Modified: 29 Sep 2020 07:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6630

Actions (login required)

View Item View Item