Nevada, Rr. Akita Rheanita (2020) Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (766kB) |
|
Text
BAB II s.d IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL_1510037017.pdf Download (551kB) |
Abstract
Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran yang mencakup penyusunan materi ajar, strategi yang diterapkan, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan strategi penilaiannya. Komponen-komponen tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran piano klasik di Distinction Music School sehingga peserta didiknya dapat berhasil dalam berbagai kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripitf kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya lembaga kursus Distincition Music School barhasil dalam pembelajarannya karena materi ajar piano disusun sesuai kebutuhan dengan mengadopsi materi ajar lembaga kursus kelas internasional. Materi tersebut dikelola dengan menerapkan disiplin, kelas dikelola dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan namun dapat terlaksana dengan kondusif, media dan materi pengayaan menggunakan materi yang beredar secara umum akan tetapi diawasi secara ketat, serta menerapkan sistem penilaian berlapis yakni penilaian internal dan eksternal. Kata kunci: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209# | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2020 03:48 | |||||||||
Last Modified: | 02 Nov 2020 05:56 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7079 |
Actions (login required)
View Item |