Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta

Nevada, Rr. Akita Rheanita (2020) Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB II s.d IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1510037017.pdf

Download (551kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran yang mencakup penyusunan materi ajar, strategi yang diterapkan, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan strategi penilaiannya. Komponen-komponen tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran piano klasik di Distinction Music School sehingga peserta didiknya dapat berhasil dalam berbagai kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripitf kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya lembaga kursus Distincition Music School barhasil dalam pembelajarannya karena materi ajar piano disusun sesuai kebutuhan dengan mengadopsi materi ajar lembaga kursus kelas internasional. Materi tersebut dikelola dengan menerapkan disiplin, kelas dikelola dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan namun dapat terlaksana dengan kondusif, media dan materi pengayaan menggunakan materi yang beredar secara umum akan tetapi diawasi secara ketat, serta menerapkan sistem penilaian berlapis yakni penilaian internal dan eksternal. Kata kunci: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Nevada, Rr. Akita Rheanitanim1510037017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRaharja, Budinidn0012015707
UNSPECIFIEDTaryadi, R.nidn0020125802
Department: KODEPRODI88209#
Uncontrolled Keywords: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:48
Last Modified: 02 Nov 2020 05:56
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item