Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon

Arifin, Bilal Ihsanul (2019) Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB II s.d BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1510047017.pdf

Download (530kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Siswa-siswi Kelas VIII A dan VIII B semester 2 tahun ajaran 2018/2019 di SMP N 1 Sewon belum melaksanakan proses pembelajaran seni musik dengan baik, sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh belum memuaskan. Siswa-siswi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seni musik. Guru seni musik masih kesulitan untuk memantau perkembangan belajar semua siswa-siswi dan capaian pembelajaran seni musik pada Penilaian Akhir Semester 2 tahun ajaran 2018/2019 belum optimal, pada masing-masing kelas masih terdapat lebih dari 3 anak yang memperoleh nilai mata pelajaran seni musik dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Tujuan dari penelitian ini adalah melaksanakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik Kelas IX A dan IX B semester 1, tahun ajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan tahap pelaksanaan, serta pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian dilakukan secara langsung ditempat penelitian, peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian dan reduksi data serta validasi data dilakukan secara terus menerus selama penelitian berlangsung. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sewon dan data pokok pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti juga melakukan studi pustaka untuk memperoleh informasi-informasi serta teori-teori yang relevan dalam penyusunan laporan penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini dimulai dari mencatat semua data yang telah valid, menganalisa data-data tersebut secara terus-menerus, mengambil kesimupulan terhadap data-data yang telah dianalisa, kemudian menyajikan data-data tersebut secara urut dan jelas. elajaran Project Based Learning di Kelas IX A dan IX B dilaksanakan dalam dua tahap, selama 15 kali pertemuan dan berpengaruh pada proses serta hasil pembelajaran seni musik. Guru seni musik menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memantau proses perkembangan belajar siswa-siswi. Siswa-siswi aktif dalam pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik. Pembelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B semakin optimal, siswa-siswi dapat menguasai materi pembelajaran seni musik dengan lebih mudah, dapat menyanyikan Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dan mengiringi Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” menggunakan instrumen gitar dengan baik, serta hasil pembelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B semakin meningkat. Pada akhir Tahap Project Based Learning, seluruh siswa-siswi Kelas IX A dan IX B memperoleh nilai mata pelajaran seni musik yang memuaskan. Kata Kunci : pelaksanaan, project based learning, pengaruh, model pembelajaran, seni musik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Arifin, Bilal Ihsanulnim1510047017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, project based learning, pengaruh, model pembelajaran, seni musik
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:46
Last Modified: 02 Nov 2020 07:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item