Manajemen Pembelajaran pada Kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri

Murti, Dewi Ratri Kalingga (2020) Manajemen Pembelajaran pada Kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
DEWI RATRI KALINGGA MURTI_2020_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
DEWI RATRI KALINGGA MURTI_2020_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DEWI RATRI KALINGGA MURTI_2020_V BAB PENUTUP.pdf

Download (646kB)
[img] Text
DEWI RATRI KALINGGA MURTI_2020_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DEWI RATRI KALINGGA MURTI_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan tentang pengelolaan manajemen pembelajaran yang terdapat pada kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) di SMP PawyatanDaha 1 Kediri. Pengelolaan program PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri berbeda dengan sekolah yang tergabung dalam program PPST yang lain. Program PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri dijadikan sebagai kelas unggulan bidang seni.Kelas tersebut diberi nama kelas PPST. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitan ini adalah pengelola dan pendidik/guru kelas PPST.Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari koordinator kelas PPST dan pengajar untuk mengetahui proses manajemen pembelajaran pada kelas PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pada kelas PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri berjalan dengan baik. Manajemen tersebut dimulai dari tahap perencanaan untuk merencanakan materi, kegiatan, pendidik dan peserta didik, media dan sumber, serta waktu pembelajaran. Kemudian proses manajemen dilanjutkan dengan pengorganisasian kelas. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas dan pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran terkadang berjalan tidak sesuai dengan perencanaan, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Setelah proses pelaksanaan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara tes maupun non tes. Tujuan evaluasi pembelajaran untuk penilaian diri serta refleksi kekurangan dari proses manajemen pembelajaran yang terjadi pada kelas PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Murti, Dewi Ratri Kalingganim1610093017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
Department: KODEPRODI188209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Program PPST, SMP Pawyatan Daha 1 Kediri
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Dewi Ratri Kalingga Murti
Date Deposited: 12 Feb 2021 12:53
Last Modified: 12 Feb 2021 13:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7485

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item