Pembelajaran Ekstrakurikuler Teater Berwawasan Lingkungan Di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan

Amira, Nadia (2021) Pembelajaran Ekstrakurikuler Teater Berwawasan Lingkungan Di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nadia Eka Amira_2021_ FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Nadia Eka Amira_2021_BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Nadia Eka Amira_2021_ BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nadia Eka Amira_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadia Eka Amira_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Latar belakang diadakakannya penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler teater di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gunungpring Muntilan yang unik. Pembelajaran teater yang bisanya bertempat di ruangan atau studio akan tetapi tempat pembelajaran tersebut tidak hanya di kelas akan tetapi juga di luar kelas, misalnya sawah maupun tempat terbuka lainnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler untuk dengan fokus materi ajarnya, urutan pembelajarannya, dan proses pembelajaran lingkungan. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode digunakan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler teater di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan mengunakan data kualitatif atau berbentuk narasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler teater tersebut. Hasilnya, pembelajaran teater berbasis lingkungan di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Pembelajaran teater pembelajaran teater anak, diikuti oleh siswa kelas empat hingga enam, pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan tempat terbuka, urutan pembelajarannya perkenalan olah tubuh, olah vokal, olah rasa dan pementasan. Kegiatan ekstrakurikler tersebut, selain untuk mengembangkan bakat anak, juga digunakan untuk pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Amira, Nadianim1710133017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
ContributorIswantara, Nurnidn0019066403
Department: KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Lingkungan, Teater Anak
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Nadia Eka Amira
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:53
Last Modified: 19 Aug 2021 07:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item