Metode Pembelajaran Tutorial Dalam Pembelajaran Vokal Unisono Secara Daring Di Smpn 1 Bantul

Chisnanda, Teja Diky (2021) Metode Pembelajaran Tutorial Dalam Pembelajaran Vokal Unisono Secara Daring Di Smpn 1 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Teja Dicky Chisnanda_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Teja Dicky Chisnanda_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teja Dicky Chisnanda_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Teja Dicky Chisnanda_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Teja Dicky Chisnanda_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
Teja Dicky Chisnanda_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran tutorial dalam pembelajaran vokal unisono secara daring di SMPN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tutorial yang digunakan dalah pembelajaran vokal unisono, sedangkan subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Seni Budaya dan siswa kelas VIIA yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran vokal unisono yang dilakukan secara daring menggunakan metode tutorial. Kegiatan pembelajaran memanfaatkan aplikasi Google Classroom dan Whatsapp. Kegiatan penyampaian materi dan penilaian dilakukan di Google Classroom sedangkan aplikasi Whatsapp dimanfaatkan untuk kegiatan mengecek kehadiran siswa dan tanya jawab. Penggunaan metode tutorial memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru dan mengatasi kesulitan siswa baik secara individu maupun kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Chisnanda, Teja Dikynim1610100017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorProbosini, Agustina Ratrinidn0014086417
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Metode Tutorial, Pembelajaran Seni Musik, Pembelajaran Vokal Unisono
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Teja Diky Chisnanda
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:41
Last Modified: 23 Aug 2021 07:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9419

Actions (login required)

View Item View Item