Nainggolan, Oriana Tio Parahita and Yunita, Ayu Tresna and Christianto, Jose Philipe (2020) Konsep Penilaian Pembelajaran Instrumen Mayor Piano Dengan Menggunakan Penilaian Autentik. LPPM ISI Yogyakarta.
Text
BAB I Pendahuluan_Oriana Tio Parahita Nainggolan.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB VI Kesimpulan_Oriana Tio Parahita Nainggolan.pdf Download (116kB) |
|
Text
Full Teks_Oriana Tio Parahita Nainggolan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Naskah Publikasi_Oriana Tio Parahita Nainggolan.pdf Download (86kB) |
Abstract
Mata kuliah Instrumen Mayor Piano tidak saja membutuhkan keterampilan bermain piano, tetapi juga membutuhkan berbagai macam pengetahuan yang berhubungan dengan peningkatan keterampilan bermain piano seperti Teori Musik, Harmoni, Kontrapung, Ilmu Bentuk Analisa, dan Sejarah Musik. Sesuai dengan output dari Prodi S-1 Pendidikan Musik, yaitu menjadi pengajar instrumen musik, maka diharapkan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan bermain piano, mahasiswa siap untuk menjadi pengajar piano. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka pembelajaran Instrumen Mayor Piano dirancang melalui pemberian materi yang seimbang antara teori dan praktik. Perancangan materi pembelajaran ini juga sekaligus menjadi dasar pada penilaian hasil belajar mata kuliah Instrumen Mayor Piano. Menurut Permenristekdikti No 3 tahun 2020, penilaian hasil belajar pada Perguruan Tinggi terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil belajar, yang meliputi penilaian pengetahun, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Penilaian hasil belajar mata kuliah Instrumen Mayor Piano yang selama ini dilakukan hanya berdasarkan pada penilaian keterampilan saja, belum meliputi penilaian proses. Untuk dapat menilai hasil belajar mahasiswa yang mencakup penilaian proses dan hasil, maka digunakan penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang akan memberikan gambaran perkembangan siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Penekanan penilaian autentik adalah pada proses dan hasil belajar dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan kompetensi pembelajaran. Penggunaan penilaian autentik dalam pembelajaran Instrumen Mayor Piano diharapkan mampu memberikan hasil penilaian yang objektif terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang konsep penilaian autentik pada pembelajaran Instrumen Mayor Piano di Prodi S-1 Pendidikan Musik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian yang ditargetkan adalah konsep rancangan penilaian autentik untuk pembelajaran Instrumen Mayor Piano.
Item Type: | Other | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | autentik, instrumen, piano | ||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2022 08:08 | ||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2023 03:59 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11103 |
Actions (login required)
View Item |