Ramafisela, Lingga and Simphoni Fabiola, Cahya (2020) Digitalisasi Modul Teori Musik Berbasis Web di Program Studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (938kB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pada perkuliahan musik, pembelajaran yang paling mendasar ialah pembelajaran mengenai teori musik, yaitu kumpulan teori yang dapat dipergunakan untuk memahami sebuah musik. Pembelajaran teori musik di program studi Pendidikan Musik diampu oleh beberapa dosen yang memiliki kompetensi di bidangnya. Materi yang disampaikan menggunakan modul yang berbentuk buku. Belakangan ini, ditemukan kendala pada saat pembelajaran teori musik karena terkadang mahasiswa tidak membawa modul pada proses perkuliahan, materi yang disampaikan dalam kelas paralel terkadang tidak bisa sama sehingga mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi tidak lancar. Pada era digital, modul yang berbentuk buku dirasa kurang efektif dan tidak efisien karena adanya tuntutan perkuliahan secara daring dan mandiri. Hal ini ternyata menemui kendala karena keterbatasan media pembelajaran. Modul digital diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mata kuliah teori musik agar materi yang disampaikan dapat terintegrasi dengan baik. Digitalisasi merupakan proses adanya perubahan dari media cetak menjadi media berbentuk elektronik. Oleh sebab itu perlu dilakukan digitalisasi modul teori musik berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah pembelajaran teori musik di program studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Mahasiswa dapat mengakses modul teori musik melalui web dengan gadget yang dimiliki dengan waktu yang tidak terikat. Dosen atau pengajar juga dapat menyampaikan materi secara aktual. Digitalisasi modul teori musik berbasis web dapat menjadi komponen penting yang mendukung terlaksananya program kuliah daring yang sedang dicanangkan pemerintah saat ini serta mendukung gerakan ramah lingkungan (paperless). Target yang ingin dicapai selanjutnya adalah pengembangan modul teori musik yang berbasis web di program studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, yaitu di kelas mata kuliah teori musik program studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, observasi, dan wawancara. Proses analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keberadaan modul teori musik berbasis web diharapkan dapat berguna untuk kemudahan, kemajuan serta efektivitas kegiatan belajar mengajar di program studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | digitalisasi, modul, teori musik, web | ||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | isti IS suratmi | ||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:42 | ||||||
Last Modified: | 28 Feb 2023 06:18 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11172 |
Actions (login required)
View Item |