Problem Solving Legato, Staccatto Melalui Etude Feuillard Studi Kasus: Mahasiswa Cello Program Studi D‐4 Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Widyastomo, Nestasharaji (2022) Problem Solving Legato, Staccatto Melalui Etude Feuillard Studi Kasus: Mahasiswa Cello Program Studi D‐4 Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Raden Nestasharaji Widyastom_2022_BAB V (PENUTUP).pdf

Download (8MB)
[img] Text
Raden Nestasharaji Widyastom_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
Raden Nestasharaji Widyastom_2022_BAB I.pdf

Download (16MB)
[img] Text
Raden Nestasharaji Widyastom_2022_JURNAL.pdf

Download (6MB)
[img] Other (score music)
Raden Nestasharaji Widyastom_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Raden Nestasharaji Widyastom_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (370kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai “Problem Solving Legato, Staccatto melalui etude Feuillard Studi Kasus: Mahasiswa Cello Program Studi D-4 Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta” bertujuan untuk mengungkap hasil mengenai bagaimana proses latihan cello dengan menggunakan Etude karya Feuillard, untuk mengatasi kesulitan teknik legato, staccato pada pemain cello. Tujuan berikutnya yaitu mengetahui bagaimana hasil dari etude Feuillard terhadap teknik permainan cello. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data pada penelitian menggunakan observasi dan wawancara dengan para responden yaitu mahasiswa Program Studi D-4 Penyajian Musik atas nama Raden Dwityatama Darmasakti dan Gian Nugra Adanta. Narasumber dari salah satu dosen di Program Studi D-4 Penyajian Musik yaitu Dr. Asep Hidayat Wirayudha M. Ed. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hubermann. Tahap analisis data yang dilakukan adalah mereduksi data, menyajikan data dan memberikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan yang dilakukan terhadap para responden, yaitu dengan etude Feuillard no 2, 3 dan 6 para responden bisa mengatasi problem solving pada teknik legato dan staccato akan tetapi memerlukan adaptasi dan memerlukan waktu lebih lama dalam memproses selama pengamatan tersebut. Hal lain yang ditemukan adalah etude Feuillard sangat membantu dalam manajemen bowing, khususnya pada teknik seperti legato, staccato, detached, full length bowing, in middle. Hal tersebut sekaligus sebagai bentuk implementasi etude Feuillard dalam hal teknis memainkan karya komposisi musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Widyastomo, Nestasharajinim18101820132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorYunita, Ayunidn0021067704
ContributorAdzkia, Sagafnidn0010118908
ContributorWirayudha, Asepnidn0004106606
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: etude Feuillard; solusi; staccato; legato
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Raden Nestasharaji Widyastomo
Date Deposited: 18 Aug 2022 00:56
Last Modified: 18 Aug 2022 00:56
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item