Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tari Kapitan Martha di Sanggar Mahasura Patuk Gunungkidul

Tri Sulistyawati, Agnes (2022) Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tari Kapitan Martha di Sanggar Mahasura Patuk Gunungkidul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Agnes Tri Sulistyawati_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Agnes Tri Sulistyawati_2022_BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Agnes Tri Sulistyawati_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Agnes Tri Sulistyawati_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Agnes Tri Sulistyawati_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya fenomena bahwa Sanggar Mahasura merupakan sanggar yang relatif baru tetapi sudah banyak meraih prestasi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan metode tutor sebaya yang diterapkan pada pembelajaran tari Kapitan Martha di Sanggar Mahasura Patuk Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pengajar, dan peserta didik untuk mengetahui proses pembelajaran tari Kapitan Martha, dan mengecek kebenaran data yang berasal dari metode observasi dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari Kapitan Martha didominasi penggunaan metode tutor sebaya. Metode tutor sebaya digunakan dalam setiap pertemuan dan cocok digunakan pada pendidikan nonformal. Metode lain yang digunakan adalah metode ceramah, imitasi, latihan atau drill. Penggunaan metode tersebut sudah tepat karena proses pembelajaran dapat dilakukan dengan proporsional. Selain itu, peserta didik dapat menguasai materi tari Kapitan Martha dan menarikan dengan benar dan layak untuk mengikuti ujian kompetensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tri Sulistyawati, Agnesnim1810167017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
ContributorNendra Pratama, Ujangnidn0508029101
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: tari Kapitan Martha, Sanggar Mahasura, metode tutor sebaya
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Agnes Tri Sulistyawati
Date Deposited: 27 Aug 2022 17:07
Last Modified: 28 Aug 2022 09:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item