Prinsip-Prinsip Dalam Tipografi Desain Pada Media Cetak dan Digital

Widyatmoko, FX. and Mahatma Putra, Aditya (2019) Prinsip-Prinsip Dalam Tipografi Desain Pada Media Cetak dan Digital. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
FX Widyatmoko_2019_Bab I.pdf

Download (683kB)
[img] Text
FX Widyatmoko_2019_Penutup..pdf

Download (617kB)
[img] Text
FX Widyatmoko_2019_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
FX Widyatmoko_2019_Jurnal SubmissionText.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari tahu prinsip-prinsip internal dan terutama eksternal pada terpan tipografi desain. Cara yang dilakukan yaitu melalui kajian teks untuk pengidentifikasian terapan huruf, dan wawancara untuk mencari tahu alasan penerapan serta pengorganisasian huruf di media cetak multiple pages. Hasil dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan dan hubungan antara prinsip internal dengan prinsip eksternal. Hal tersebut menggambarkan seperti apa huruf dikelola untuk kebutuhan tipografi desain. Prinsip internal lebih menunjukkan huruf sebagai lambang bunyi dan bentuk (form), sedangkan prinsip eksternal lebih menunjukkan pada sintaksis bentuk hingga huruf sebagai tanda yang memiliki konten atau muatan sosial budaya tertentu. Penerapan prinsip internal untuk berbagai kebutuhan eksternal diorganisir dengan menggunakan teori dalam penerapannya. Capaian dalam penelitian ini dilalui melalui tahap focus group discussion (FGD). Dalam FGD tersebut tidak dijumpai kendala dalam pemaparan hasil temuan dan capaian, dan terdapat catatan untuk penggambaran (diagram alur) hubungan prinsip internal, teori, dan prinsip eksternal sebagai hubungan yang sirkular. Capaian dalam penelitian ini dapat diterapkan untuk pembelajaran tipografi desain, yaitu terlebih dahulu memelajari prinsip internal tipografi. Sebaliknya, prinsip eksternal perlu dikenali dan jumlahnya yang banyak serta beragam menggambarkan beragamnya cara dan alasan penerapan huruf di media-media (multiple pages) cetak dan digital.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Widyatmoko, FX.nidn0010077504
Mahatma Putra, Adityanim1610205124
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Tipografi, tipografi desain, konstanta, variabel, yang tetap, yang berubah, nirmana, gestalt, prinsip internal, prinsip eksternal
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 19 Nov 2022 15:15
Last Modified: 19 Nov 2022 15:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12982

Actions (login required)

View Item View Item