Deardo Purba, Ezra and Wisnu Satria Dharma, Raden (2021) Teknologi dan Srategi Pembelajaran Solfegio Prodi Musik. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Ezra Deardo Purba_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ezra Deardo Purba_2021_BAB VI.pdf Download (864kB) |
|
Text
Ezra Deardo Purba_2021_Jurnal Submission.pdf Download (930kB) |
|
Text
Ezra Deardo Purba_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Mata kuliah solfegio menengah III adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus dilewati oleh mahasiswa-mahasiswi Prodi Musik, FSP, ISI Yogyakarta. Pada pertemuan perkuliahan solfegio ini mempunyai tahap-tahap dan target yang jelas untuk dapat menguasai pendengaran terhadap suatu bunyi dan paham akan jenis nada-nadanya sehingga dapat dituliskan di dalam notasi balok. Perkuliahan ini terhambat karena adanya musibah pandemi covid-19, sehingga perkuliahan dilaksanakan secara daring dan strategi pembelajaran yang menjadi solusi dalam melaksanakan perkuliahan ini. Dosen menyiapkan materi sesuai RPS dan proses pembuatan materinya dilakukan secara kreatif berbantukan teknologi serta cara berkomunikasi perkuliahan dengan mahasiswa secara online juga berbantukan teknologi dengan media-media yang mendukung. Rumusan masalah yang akan dibahas ialah bagaimana proses kreatif pembuatan materi dan cara berkomunikasi dengan mahasiswa solfegio menengah III dimasa pandemi berbantukan teknologi serta bagaimana hasil dari strategi pembelajaran terhadap mahasiswa dimasa pandemi berbantukan teknologi. Metodologi yang digunakan ialah metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan pendekatan pendukung yaitu pendekatan kreatifitas. Dengan metode ini dimana di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktifitas, proses atau sekelompok individu dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi, kemudian hasilnya dianalisis. Tujuan penelitian ini sebagai sumber kajian terbaru dalam strategi pembelajaran berbantukan teknologi didalam proses pembelajaran solfegio ditengah pandemi covid-19. Sehingga ketika mahasiswa sudah melewati sistem strategi pembelajaran masa pandemi ini berbantukan teknologi, perkuliahan lancar dan mahasiswa dapat naik level ketahap solfegio selanjutnya, dapat lebih mudah mendengarkan materi dan menuliskan kembali. Maka dalam hal penelitian ini akan mencoba menjelaskan strategi pembelajaran mata kuliah solfegio menengah III berbantukan teknologi dimasa pandemi covid-19 di Prodi Musik, FSP, ISI Yogyakarta.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Strategi Pembelajaran, Solfegio, Mahasiswa | ||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:35 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 04:35 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13863 |
Actions (login required)
View Item |