Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Vokal Pop Jazz di Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Suryati, Suryati and Aulia, Pramesti Rizki Utami (2021) Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Vokal Pop Jazz di Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Project Report. LPT ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Suryati_BAB I.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Suryati_BAB VI.pdf

Download (683kB)
[img] Text
Suryati_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Vokal Pop Jazz merupakan salah satu mata kuliah instrumen mayor yang dipilih oleh mahasiswa di Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Proses pembelajaran mata kuliah vokal Pop Jazz ini, selalu menggunakan instrumen sebagai iringan minimal piano ataupun keyboard. Namun pada waktu Ujian Akhir Semester para mahasiswa vokal Pop Jazz pada umumnya menggunakan iringan yang lengkap yaitu kombo band. Dengan adanya pandemi covid-19 ini, semua proses pembelajaran harus dilakukan secara online, baik mata kuliah teori maupun praktik termasuk praktik vokal Pop Jazz. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, maka dapat memanfaatkan youtube sebagai alternatif iringan dalam proses pembelajaran vokal Pop Jazz. Penelitian ini terfokus pada proses pembelajaran mata kuliah vokal Pop Jazz dan bagaimana pemanfaatan youtube sebagai iringan dalam mata kuliah vokal Pop Jazz. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara dengan mengambil sempel studi kasus mahasiswa vokal Pop Jazz di Prodi Pendidikan Musik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi mahasiswa yang menghadapi permasalahan dalam proses pembelajaran mata kuliah vokal Pop Jazz pada masa pademi covid-19. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan youtube sebagai iringan dalam mata kuliah vokal Pop Jazz lebih efektif dan mahasiswa bisa berlatih secara mandiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suryati, Suryatinidn0001096407
Aulia, Pramesti Rizki Utaminim16100980132
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Vokal Pop Jazz; Youtube; Prodi Pendidikan Musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:40
Last Modified: 20 Mar 2023 03:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item