Proses Pembelajaran Karya Sendratari Meras Gandrung di SMK Negeri 1 Banyuwangi

Wahyu Setyowati, Eka (2023) Proses Pembelajaran Karya Sendratari Meras Gandrung di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Eka Wahyu Setyowati_2019_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Eka Wahyu Setyowati_2019_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eka Wahyu Setyowati_2019_BAB 5.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Eka Wahyu Setyowati_2019_PERNYATAAN PERSETUJUAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sendratari Mêras Gandrung adalah hasil proses pembelajaran dari siswa dan siswi serta guru Jurusan Seni Tari SMK Negeri 1 Banyuwangi. Berawal dari pembelajaran tari Jêjêr Gandrung yang merupakan materi pokok yang diajarkan di kelas X kemudian dikembangkan ke dalam bentuk sajian Sendratari Mêras Gandrung yang menceritakan perjalanan seorang penari Gandrung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah pertunjukan Sendratari Mêras Gandrung, dengan subjek penelitian guru tari, pengelola Taman Gandrung Terakota, dan peserta didik jurusan seni tari. Lokasi Penelitian di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi teknik, analisis data yang digunakan dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung meliputi 1) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi 2) tahapan pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung 3) pembagian kegiatan yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung melibatkan siswa secara penuh dalam segala rangkaian kegiatan. Titik fokus dalam proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung adalah kreativitas siswa dalam berpikir dan menciptakan hal baru. Proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung merupakan tempat yang memang tepat digunakan untuk siswa mengembangkan potensi dan keahliannya, karena siswa tidak hanya belajar satu bidang seni saja tetapi juga mempelajari bidang seni lainnya,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wahyu Setyowati, Ekanim1910221017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorIswantara, Nurnidn0019066403
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Sendratari Mêras Gandrung.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Eka Wahyu Setyowati
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:10
Last Modified: 01 Aug 2023 01:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14546

Actions (login required)

View Item View Item