Nico Sanjaya, Albertus (2023) Penggunaan Program Aplikasi Maestro Dalam Pembelajaran Saxophone Untuk Siswa Kelas X Di SMK Negeri 8 Surakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Albertus Nico Sanjaya_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Albertus Nico Sanjaya_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Albertus Nico Sanjaya_2023_BAB PENUTUP.pdf Download (318kB) |
|
Text
Albertus Nico Sanjaya_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text
Albertus Nico Sanjaya_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
Abstract
Membaca notasi balok dalam bermain instrumen musik merupakan salah satu pengetahuan dasar dalam bermusik yang perlu dikuasai setiap siswa, hal ini bertujuan agar siswa memiliki pondasi bermain saxophone dengan baik. Penelitian ini akan berfokus pada penggunaan aplikasi Maestro untuk meningkatkan membaca notasi balok siswa kelas X di SMK Negeri 8 Surakarta. Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas X instrumen saxophone, yaitu siswa tidak dapat membaca notasi balok yang merupakan sebuah dasar dalam bermain musik. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mendapatkan informasi secara terperinci dan mendalam mengenai penggunaan aplikasi Maestro dalam pembelajaran saxophone untuk siswa kelas X di SMK Negeri 8 Surakarta. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, adanya permasalahan membaca notasi balok yang dialami siswa dikarenakan kurangnya kesadaran untuk melakukan latihan mandiri dan kendala pada guru praktik yang mengajar dua instrumen sekaligus sehingga siswa instrumen saxophone sering tidak mendapatkan mata pelajaran praktik instrumen. Proses penggunaan aplikasi Maestro dilakukan dengan memberikan 50 etude Faciles and Progressive sebagai materi pembelajaran dan aplikasi ini digunakan untuk membantu siswa cara membaca ritmis dan cara membaca tanda baca, seperti staccato, legato dengan cara menuliskan etude kedalam aplikasi kemudian memutar etude yang telah dituliskan dan siswa dapat mengidentifikasi bagaimana cara memainkan ritmis atau tanda baca tersebut dengan benar. Hasil setelah penggunaan aplikasi Maestro, siswa dapat membaca notasi balok dengan cukup baik dan pembelajaran dapat berjalan dengan cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran saxophone, program aplikasi Maestro, notasi balok, 50 etude faciles and progressive | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Albertus Nico Sanjaya | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 01:20 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 01:20 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14721 |
Actions (login required)
View Item |