Analisis Situasi Belajar Vokal Anak Di The Sound Of Music School Yogyakarta

Jenari Ginting, Radu (2024) Analisis Situasi Belajar Vokal Anak Di The Sound Of Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Radu Jenari Ginting_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Radu Jenari Ginting_2024_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Radu Jenari Ginting_2024_BAB V Penutup.pdf

Download (670kB)
[img] Image
RADU GINTING_2024_SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebaruan yang terjadi di Lembaga Kursus Musik The Sound of Music School Yogyakarta yang baru berdiri selama 1 tahun. Fasilitas, guru, silabus, buku ajar, dan siswa yang baru menciptakan suatu adaptasi suasana belajar dengan dinamika yang unik. Penelitian ini memaparkan penerapan silabus dan materi ajar yang dibuat oleh guru pertama sekaligus supervisor lembaga kursus musik untuk diajarkan kepada siswa. Analisis terhadap situasi belajar di lembaga tersebut difokuskan pada pembelajaran vokal anak yang sementara ini paling banyak diminati. Tinjauan penyusunan silabus didasarkan pada pendekatan sintetik dan analitik yang dipaparkan oleh Wilkins dan Krahnke. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi lapangan, pengumpulan data primer berupa observasi situasi belajar yang diamati langsung di kelas, wawancara mendalam kepada guru, dan pengumpulan data sekunder berupa silabus dan buku ajar. Tinjauan analisis situasi belajar didasarkan pada rekomendasi baku pedagogi vokal anak berdasarkan studi Molchanova dan Rooney baik yang sudah maupun belum diterapkan oleh guru pada saat mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sintetik yang mengajarkan pengetahuan musik secara akumulatif sudah dilakukan oleh guru dengan dukungan materi ajar dari buku ajar berupa pengenalan notasi, vokalisasi (warm up), sight singing, aural dan pembelajaran lagu. Sementara itu pendekatan analitik dilakukan ketika siswa sudah menyelesaikan materi buku ajar dan dilatih untuk tampil pada acara khusus. Guru hanya berfokus pada bagian vokalisasi dan pembelajaran lagu. Beberapa inkonsistensi terjadi pada materi silabus seperti pengenalan notasi diarahkan untuk membuat karya musik yang tidak terdapat materinya di buku ajar dan tidak cocok diajarkan untuk siswa grade 1, kesalahan penulisan simbol-simbol notasi, dan paparan sukat lagu yang belum diajarkan pada materi pengenalan notasi. Pembelajaran secara analitik juga mendapati bahwa materi vokalisasi yang dilakukan guru belum memadai secara teori musik dan teknis olah vokal untuk membawakan lagu Karena Ku Sanggup dari Agnes Monica yang relatif sulit. Hal tersebut menjadi bahan revisi buku ajar dan penyusunan materi silabus untuk grade yang lebih tinggi yang belum disusun sampai saat penelitian ini selesai dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Jenari Ginting, Radunim20102780131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBintarto T, A. Gathutnidn0004097406
ContributorSitinjak, Lindanidn0018067002
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Analisis, Situasi Belajar, Vokal Anak, Silabus Sintetik, Silabus Analitik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: RADU JENARI GINTING
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:59
Last Modified: 02 Apr 2024 06:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16643

Actions (login required)

View Item View Item