Emotional Rhythm Untuk Memperkuat Sifat Manipulatif Tokoh Utama Pada Editing Film “Pamit Guys”

Farhan Mughni Al Afif, Mohamad (2024) Emotional Rhythm Untuk Memperkuat Sifat Manipulatif Tokoh Utama Pada Editing Film “Pamit Guys”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
MOHAMAD FARHAN MUGHNI AL AFIF_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47MB) | Request a copy
[img] Text
MOHAMAD FARHAN MUGHNI AL AFIF_2024_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MOHAMAD FARHAN MUGHNI AL AFIF_2024_BAB V.pdf

Download (748kB)
[img] Text
FORM-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Video
MOHAMAD FARHAN MUGHNI AL AFIF_2024_TRAILER PAMIT GUYS.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (44MB) | Request a copy
[img] Video (https://youtu.be/MscZyt43Yh4)
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGCEgJCh_MA8=&rs=AOn4CLDWewAcZMYiMoGu8KeuEmQSUe1qHw
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=MscZyt43Yh4

Abstract

Film “Pamit Guys” bercerita tentang sebuah keluarga yang menjadi youtuber agar dapat bertahan hidup. Jenis konten dalam youtube ini adalah konten anak anak karena Baby Ayu, sang anak dalam keluarga ini menjadi pemeran utamanya. Namun di tengah pembuatan konten ini, terdapat konflik perselingkuhan yang sebenarnya adalah manipulasi semata yang dilakukan oleh keluarga ini untuk dapat menarik banyak penonton agar mendapatkan adsense sebanyak banyaknya. Adsense ini diperlukan agar keluarga ini dapat bertahan hidup. Manipulasi yang paling besar dilakukan oleh tokoh utama yaitu Putra terhadap keluarganya dan penonton. Sifat manipulatif yang dimiliki oleh tokoh utama bertujuan untuk memanipulasi kondisi serta perasaan orang lain agar tokoh utama mendapatkan keinginannya. Tokoh utama juga memanipulasi perasaan penonton agar penonton membelanya dan berada di pihaknya ketika tokoh utama berselingkuh dan bertengkar dengan istrinya. Hal ini dilakukan oleh tokoh utama untuk menimbulkan kesan dan agar penonton berfikir bahwa tindakan yang dilakukan oleh tokoh utama yaitu berselingkuh, tidaklah salah. Namun pada akhirnya, apa yang penonton percayai adalah salah dan penonton telah ditipu oleh tokoh utama yang di sepanjang film telah percayai. Ending dalam film ini yaitu keluarga ini mengadakan pesta besar besaran karena adsense yang naik pesat dan semua tokoh dalam film ini berpesta merayakannya, dari awal film hingga sebelum scene ending adalah settingan atau rekayasa semata untuk mengantarkan penonton pada puncak film ini yaitu ending film sebagai plot twist. Penggunaan emotional rhythm ini dapat memperkuat sifat manipulatif tokoh utama untuk mengikat emosi penonton dengan tokoh utama dalam film ini dengan cara menahan beberapa shot yang sesuai dengan emosi yang akan dibentuk. Emotional rhythm adalah ritme yang lebih memusatkan pada emosi. Editor mengamati akting dan ekspresi sebagai penentu potongan yang baik sehingga menggiring penonton untuk memahami situasi dalam film serta merasakan emosi yang dirasakan oleh tokoh utama. Ekspresi, kedipan mata, intonasi, perubahan posisi tubuh, menelan ludah, helaan nafas dan lain sebagainya yang dikeluarkan oleh pemain akan diperhatikan oleh editor untuk membentuk ritme emosi atau emotional rhythm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Farhan Mughni Al Afif, Mohamadnim1710191132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustanto, Liliknidn0013037405
ContributorArya Dhipayana, Gregoriusnidn0021088203
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Editor, Emotional rhythm, shot, tokoh utama, Manipulatif.
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Mohamad Farhan Mughni Al Afif
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:36
Last Modified: 20 Aug 2024 01:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item