Manajemen Pembelajaran Tari Candhik Ayu di Sanggar Ruang Tari Kaki Mungil Magelang

Margareta, Silvia (2025) Manajemen Pembelajaran Tari Candhik Ayu di Sanggar Ruang Tari Kaki Mungil Magelang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Silvia Margareta_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Silvia Margareta_2025_BAB 1.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Silvia Margareta_2025_BAB 5.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Silvia Margareta_2025_Pernyataan Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Kunci keberhasilan yaitu persiapan yang baik, salah satunya manajemen tari Candhik Ayu di Sanggar Ruang Tari Kaki Mungil Magelang yang terletak di desa yang jauh dari perkotaan. Meskipun demikian sanggar tersebut tetap eksis di daerahnya karena telah menerapkan manajemen yang baik. Oleh karena itu, patut diteliti mengenai manajemen pembelajarannya, khususnya tari Candhik Ayu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran tari Candhik Ayu di Sanggar Ruang Tari Kaki Mungil Magelang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen yang dilakukan di sanggar tersebut dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu pemilik sanggar, pelatih, dan peserta didik. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi teknik yaitu membandingkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi saat penelitian, didukung dengan triangulasi sumber dan waktu. Tahap selanjutnya dilakukan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang diterapkan pada kelas tari Candhik Ayu di Sanggar Ruang Tari Kaki Mungil terlaksana dengan teratur. Penerapan manajemen tersebut dilakukan dengan empat tahap, yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan/pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Adanya penerapan tersebut berdampak baik pada hasil belajar yaitu anak sering mengikuti pementasan di berbagai acara dan mengajarkan sikap percaya diri, tanggung jawab, kerja sama, dan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Margareta, Silvianim2010257017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Sanggar Ruang Tari Kaki Mungil, Tari Candhik Ayu
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Silvia Margareta
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:18
Last Modified: 14 Feb 2025 08:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item