Project-Based Learning sebagai Model Pembelajaran Musik pada Siswa Kelas 7 SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul

Kostka Febriana, Elisabeth (2025) Project-Based Learning sebagai Model Pembelajaran Musik pada Siswa Kelas 7 SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Elisabeth Kostka Febriana_ 2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (662kB)
[img] Text
Elisabeth Kostka Febriana_ 2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Elisabeth Kostka Febriana_ 2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Elisabeth Kostka Febriana_ 2025_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Elisabeth Kostka Febriana_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam pembelajaran musik di SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu. Fokus utama penelitian adalah untuk meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa, khususnya dalam memahami materi ritmis melalui penggunaan alat musik non�konvensional. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project-Based Learning dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran musik. Siswa berkolaborasi dalam kelompok kecil terdiri 6-7 siswa perkelompok, untuk merancang dan mempresentasikan pola ritme yang mereka ciptakan menggunakan alat musik non-konvensional. Proses ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep ritme, tetapi juga mendorong kreativitas mereka dalam bermusik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model pembelajaran musik yang lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era pendidikan modern. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kostka Febriana, Elisabethnim21103100132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorYunita, Ayunidn0021067704
ContributorArtanto, Meinidn0011059003
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Project-Based Learning;Pembelajaran Musik Kreatif;Alat Musik Non-Konvensional
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Elisabeth Kostka Febriana
Date Deposited: 28 Feb 2025 06:16
Last Modified: 28 Feb 2025 06:46
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item