Dian Chrisna Wardhani, Clara (2025) Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap Kreativitas Penulisan Naskah Drama Siswa SMP Xaverius 1 Jambi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Clara Dian Chrisna Wardhani_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Clara Dian Chrisna Wardhani_2025_BAB I.pdf Download (867kB) |
![]() |
Text
Clara Dian Chrisna Wardhani_2025_BAB Penutup.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
Clara Dian Chrisna Wardhani_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Clara Dian Chrisna Wardhani_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
Abstract
Model Direct Instruction digunakan oleh guru seni budaya SMP Xaverius 1 Jambi untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran seni drama. Pendekatan model ini dengan cara teacher centered atau lebih terpusat pada guru, sehingga informasi yang didapatkan peserta didik bersumber dari guru. Hal ini menimbulkan ide untuk menulis pengaruh model Direct Instruction terhadap kreativitas penulisan naskah drama di SMP Xaverius 1 Jambi. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak model Direct Instruction terhadap kreativitas penulisan naskah drama. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan teknik regresi. Tempat penelitian dilakukan pada kelas VII di SMP Xaverius 1 Jambi. Sumber data dari hasil angket, daftar nilai, observasi, dan wawancara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Analisis prasyarat yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data dengan menggunakan regresi linear sederhana. Pembelajaran seni drama dengan materi penulisan naskah drama baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 pada kelas VII SMP Xaverius 1 Jambi. Guru menggunakan model Direct Instruction untuk pertama kali dalam pembelajaran tersebut sehingga hasil yang ditunjukan sangat kecil. Guru menggunakan model tersebut untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada nilai R square menunjukkan 5,2% model Direct Instruction berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik. Hasil uji regresi linear menunjukkan nilai konstanta sebesar 18,086 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,533. Nilai koefisien sebesar 0,533 meningkat setiap satu satuan maka kreativitas peserta didik akan meningkat 0,533 satuan. Model ini berkontribusi positif terhadap kreativitas peserta didik, sehingga semakin tinggi penerapan model tersebut maka kreativitas peserta didik cenderung meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | model direct instruction, kreativitas, penulisan naskah drama | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Clara Dian Chrisna Wardhani | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:47 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:47 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |