Pembelajaran Musik Hadrah Kreasi dan Dampaknya Pada Persepsi Ritme dan Intonasi Anak Tunanetra di SLB A Yaketunis Yogyakarta

Inas Tsabitah Salsabila, Fairuz (2025) Pembelajaran Musik Hadrah Kreasi dan Dampaknya Pada Persepsi Ritme dan Intonasi Anak Tunanetra di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Fairuz Inas Tsabitah Salsabila_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
Fairuz Inas Tsabitah Salsabila_2015_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fairuz Inas Tsabitah Salsabila_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Fairuz Inas Tsabitah Salsabila_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Anak tunanetra memiliki kepekaan pendengaran lebih tinggi dibandingkan dengan anak pada umumnya, karena ketika satu indera kurang berkembang, indera lainnya sering kali menjadi lebih peka untuk mengimbangi kekurangannya, sehingga pendengaran menjadi alat utama yang berkembang untuk membantu anak tunanetra mengenali dan memahami lingkungan. Hal ini dapat dioptimalkan melalui pembelajaran musik. Salah satu bentuk implementasinya adalah musik Hadrah Kreasi di SLB A Yuketunis Yogyakarta. Kepekaan pendengaran pada anak tunanetra di SLB tersebut dapat diketahui saat anak mulai memahami pola ritme serta intonasi dalam bermain musik Hadrah Kreasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran musik Hadrah Kreasi, serta menjelaskan kontribusi pembelajaran musik Hadrah Kreasi dalam meningkatkan persepsi ritme dan intonasi anak tunanetra di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik, dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan pola atau tema yang muncul dari data. Hasil penelitian ini menunjukkan musik Hadrah Kreasi berkontribusi terhadap persepsi ritme dan intonasi pada anak tunanetra. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran musik Hadrah Kreasi di SLB A Yaketunis Yogyakarta yaitu metode taktil, From Group Discussion (FGD), dan 3M (Mendengar, Menghafal, Mengingat). Materi yang disampaikan disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan peserta didik, mencakup pola ketukan dasar, pengenalan lagu religi dan nonreligi, serta praktik memainkan Hadrah secara bersama. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses maupun hasil, guna mengetahui sejauh mana pencapaian kompetensi yang ditargetkan. Seluruh komponen pembelajaran tersebut saling berkaitan dan dilaksanakan dengan baik sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang berdampak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Inas Tsabitah Salsabila, Fairuznim2110301017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorPratama, Ujangnidn0508029101
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Hadrah Kreasi, pembelajaran musik, siswa tunanetra, ritme intonasi
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Fairuz Inas Tsabitah Salsabila
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:28
Last Modified: 25 Jun 2025 06:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item View Item