Mursito, Hawwaa Salsa Delphine (2025) Efektivitas Metode Stanislavski terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa pada Ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Hawwaa Salsa Delphine Mursito_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Hawwaa Salsa Delphine Mursito_2025_BAB 1.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
Hawwaa Salsa Delphine Mursito_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
Hawwaa Salsa Delphine Mursito_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Hawwaa Salsa Delphine Mursito_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas metode Stanislavski terhadap kemampuan komunikasi siswa pada ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu keterampilan utama abad ke-21 yang sangat penting untuk dikembangkan siswa, baik dalam kehidupan sosial maupun dunia kerja. Namun, masih banyak siswa yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi, seperti kurang percaya diri, takut, dan malu berbicara di depan umum. Ekstrakurikuler teater Jubah Macan di SMA Negeri 3 Yogyakarta, menjadi salah satu wadah pembinaan yang potensial untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Metode Stanislavski, yang menekankan pada penghayatan peran dan teknik “magic if” telah digunakan dalam proses pembelajaran teater, namun efektivitasnya terhadap peningkatan kemampuan komunikasi siswa belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Stanislavski terhadap kemampuan komunikasi siswa pada ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan desain eksplanatoris sekuensial. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket kemampuan komunikasi yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode Stanislavski selama proses pembelajaran di ekstrakurikuler teater. Sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dengan model paired sampel t-Test dan uji N-Gain. Analisis data kualitatif dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan komunikasi siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Stanislavski hal ini berdasarkan uji t yang menunjukkan nilai sig. <0,001 < 0,05. Peningkatan ini menunjukkan efektivitas metode Stanislavski dalam melatih siswa untuk lebih percaya diri, mampu mengungkapkan ide dan emosi secara jelas, serta meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal. Hasil Uji N Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 57,43%. Berdasarkan kriteria penentuan tingkat efektivitas hasil ini termasuk dalam kategori peningkatan “Cukup Efektif”. Berdasarkan hasil observasi didapati peningkatan kemampuan komunikasi siswa dari yang awalnya pasif menjadi lebih aktif dalam berbicara dan menyampaikan pendapatnya. Siswa tidak hanya meningkatkan keterampilan komunikasi di atas panggung, tetapi juga membangun interaksi emosional dan intelektual yang kuat dengan penonton, sehingga pesan dan nilai yang ingin disampaikan dapat diterima secara jelas dan mendalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Stanislavski, Kemampuan Komunikasi, Ekstrakurikuler Teater, Teater Jubah Macan | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Hawwaa Salsa Delphine Mursito | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:24 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:24 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |