Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Kosakata pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kuncup Harapan Yogyakarta

Maynita, Putri (2025) Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Kosakata pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kuncup Harapan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Putri Maynita_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Putri Maynita_2025_BAB I.pdf

Download (967kB)
[img] Text
Putri Maynita_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Putri Maynita_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Putri Maynita_2025_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan dasar perkembangan bahasa anak usia 4–5 tahun, namun di TK Kuncup Harapan Yogyakarta beberapa anak kesulitan dan ragu dalam mempelajari kosakata baru. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, sebagian anak belum mampu mengingat dan menggunakan kosakata baru pada tema pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode bernyanyi dalam penguasaan kosakata pada anak usia 4–5 tahun di TK Kuncup Harapan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian terdiri dari anak-anak kelas A yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penilaian tes, yaitu pre-test dan post-test sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen tes telah melalui uji validitas isi dan dianalisis dengan teknik nonparametrik dengan uji Mann–Whitney dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini: (1) penerapan metode bernyanyi dalam penguasaan kosakata pada anak usia 4-5 tahun dilakukan dengan memberikan materi lagu anak dengan judul matahari ciptaan peneliti, langkah yang dilakukan ialah dengan cara menirukan per kosakata dalam lagu tersebut. (2) Pada uji analisis Wilcoxon, hasil data pre-test dan post-test kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai Z yang lebih besar dari kelas kontrol, hal ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia 4-5 tahun di TK Kuncup Harapan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maynita, Putri21103120132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Contributoryunita, Ayu Tresnanidn0021067704
ContributorAdzkia, Sagaf Faozatanidn0012048408
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Anak Usia 4-5 Tahun, Lagu Anak, Metode Bernyanyi, Penguasaan Kosakata, TK Kuncup Harapan Yogyakarta
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Putri Maynita
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:33
Last Modified: 24 Jun 2025 08:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item