Haikal Fiqri, Gading (2025) Penerapan Skala Pentatonik Dalam Konteks Improvisasi Pada Pembelajaran Gitar Di Ekstrakurikuler Musik SMPN 2 Kalasan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Gading Haikal Fiqri_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Gading Haikal Fiqri_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Gading Haikal Fiqri_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
Gading Haikal Fiqri_2025_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
Gading Haikal Fiqri_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan skala pentatonik dalam konteks improvisasi pada pembelajaran gitar dalam kegiatan ekstrakurikuler musik di SMPN 2 Kalasan. Masalah utama dalam kegiatan ekstrakurikuler ini adalah siswa gitar mengalami kesulitan dalam memainkan melodi karena sebelumnya hanya mempelajari progresi akord dan tangga nada diatonis yang kurang efektif untuk improvisasi. Untuk mengatasi kendala tersebut, skala pentatonik diterapkan sebagai pendekatan alternatif guna melatih siswa dalam bermain melodi dan improvisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang siswa yang bermain gitar dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama enam kali pertemuan. Materi pembelajaran difokuskan pada penggunaan skala pentatonik pattern satu dan pattern dua yang dikembangkan secara bertahap sesuai kemampuan siswa, dengan pendekatan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, latihan (drill), dan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan skala pentatonik memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan siswa dalam bermain gitar, khususnya dalam memahami posisi jari di fretboard, menciptakan kalimat melodi, serta berimprovisasi dengan iringan progresi akor lagu Fly Me to the Moon. Siswa menunjukkan peningkatan dari hanya mampu memainkan akor menjadi mampu memainkan melodi dan berimprovisasi dalam format ansambel. Pembelajaran ini juga menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyusun intro lagu dan memahami hubungan antar pattern skala pentatonik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Skala Pentatonik, Gitar, Ekstrakurikuler Musik, Improvisasi, Pembelajaran Melodi. | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) Seni Musik |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Gading haikal fiqri | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:29 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:29 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |