Penerapan Skala Pentatonik Dalam Konteks Improvisasi Pada Pembelajaran Gitar Di Ekstrakurikuler Musik SMPN 2 Kalasan

Haikal Fiqri, Gading (2025) Penerapan Skala Pentatonik Dalam Konteks Improvisasi Pada Pembelajaran Gitar Di Ekstrakurikuler Musik SMPN 2 Kalasan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Gading Haikal Fiqri_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Gading Haikal Fiqri_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gading Haikal Fiqri_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Gading Haikal Fiqri_2025_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (624kB)
[img] Text
Gading Haikal Fiqri_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan skala pentatonik dalam konteks improvisasi pada pembelajaran gitar dalam kegiatan ekstrakurikuler musik di SMPN 2 Kalasan. Masalah utama dalam kegiatan ekstrakurikuler ini adalah siswa gitar mengalami kesulitan dalam memainkan melodi karena sebelumnya hanya mempelajari progresi akord dan tangga nada diatonis yang kurang efektif untuk improvisasi. Untuk mengatasi kendala tersebut, skala pentatonik diterapkan sebagai pendekatan alternatif guna melatih siswa dalam bermain melodi dan improvisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang siswa yang bermain gitar dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama enam kali pertemuan. Materi pembelajaran difokuskan pada penggunaan skala pentatonik pattern satu dan pattern dua yang dikembangkan secara bertahap sesuai kemampuan siswa, dengan pendekatan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, latihan (drill), dan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan skala pentatonik memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan siswa dalam bermain gitar, khususnya dalam memahami posisi jari di fretboard, menciptakan kalimat melodi, serta berimprovisasi dengan iringan progresi akor lagu Fly Me to the Moon. Siswa menunjukkan peningkatan dari hanya mampu memainkan akor menjadi mampu memainkan melodi dan berimprovisasi dalam format ansambel. Pembelajaran ini juga menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyusun intro lagu dan memahami hubungan antar pattern skala pentatonik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Haikal Fiqri, Gadingnim18101600132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTresna Yunita, Ayunidn0021067704
ContributorRagipta Utomo, Antoniusnidn0020038809
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Skala Pentatonik, Gitar, Ekstrakurikuler Musik, Improvisasi, Pembelajaran Melodi.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Gading haikal fiqri
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:29
Last Modified: 30 Jun 2025 08:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item