Pengelompokan Penjarian Piano Sebagai Strategi Pembelajaran Tangga Nada Pada Mata Kuliah Pisno Dasar I

Nainggolan, Oriana Tio Parahita and Laras, Anggita Fauziah Regita (2018) Pengelompokan Penjarian Piano Sebagai Strategi Pembelajaran Tangga Nada Pada Mata Kuliah Pisno Dasar I. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal - Oriana Tio.pdf

Download (370kB)

Abstract

Pengelompokkan penjarian merupakan strategi untuk mengelompokkan penjarian pada materi tangga nada dalam permainan piano. Pengelompokkan ini didasarkan pada penggunaan penjarian yang sama dalam beberapa tangga nada. Penggunaan penjarian yang baik dan benar pada latihan tangga nada merupakan sebuah persyaratan mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap murid yang mempelajari piano, khususnya murid pada tingkat dasar. Berlatih tangga nada dapat meningkatkan keterampilan jari, ketepatan waktu dalam bermain piano serta melatih solfege (pendegaran) murid. Dari beberapa hasil penelitian diketahui bahwa berlatih tangga nada menghasil keteraturan penjarian, membentuk posisi jari dan tangan yang baik dan benar, dan pada akhirnya dapat menngembangkan keterampilan bermain piano. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Prodi Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta terhadap penggunaan penjarian yang baik dan benar memainkan tangga nada pada perkuliahan Piano Dasar I. Indikator tingkat pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan penjarian yang baik dan benar adalah mahasiswa dapat memainkan tangga nada dengan penjarian yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengelompokkan penjarian digunakan sebagai strategi pembelajaran tangga nada, agar mahasiswa dapat dengan mudah menghafal penjarian yang baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, strategi ini berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa akan penggunaan penjarian yang baik dan benar dalam memainkan tangga nada.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM
Nainggolan, Oriana Tio Parahitanidn0025058303
Laras, Anggita Fauziah Regitanim15100440132
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: penjarian piano, tangga nada
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:02
Last Modified: 06 Mar 2020 03:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5744

Actions (login required)

View Item View Item