Proses pembelajaran drumset pada anak umur 5-9tahun di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta

SAMOSIR, Tigor Samuel (2018) Proses pembelajaran drumset pada anak umur 5-9tahun di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (881kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (500kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR - Tigor Samuel Samosir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - Tigor Samuel Samosir.pdf

Download (514kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian pada Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran drum set pada anak umur 5-9 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar drum set di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta. Dalam sekali pertemuan murid-murid diberi waktu 45 menit untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas, kemudian pengajar memulai kelas dengan tahapan: warm up atau pemanasan, penjelasan teori musik drum set, membaca, dan project (bermain lagu). Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, pengajar menggunakan langkah-langkah proses pembelajaran: metode ceramah, demonstrasi, latihan dan juga tanya-jawab. Terlebih lagi, langkah metode ini dapat menjalin interaksi antara pengajar dan murid dengan baik di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
SAMOSIR, Tigor Samuelnim1211899013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKUSTAP, Kustapnidn0001076707
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Drum Set, Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 31 May 2020 14:07
Last Modified: 31 May 2020 14:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6097

Actions (login required)

View Item View Item