HERNANDA, Lambang (2020) Perancangan Komunikasi Visual Aktivasi Jenama Helutrans Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (781kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Helutrans Yogyakarta adalah sebuah lembaga penangan seni (art handler) profesional yang fokus pada bidang penanganan karya seni khususnya karya seni rupa. Profesionalitas Helutrans dalam menangani karya seni ternyata belum cukup untuk menjaga kontinuitas kepercayaan khalayak seni rupa khususnya seniman muda di Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya seniman yang belum cukup mengenal Helutrans Yogyakarta. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner terhadap target audiens sejumlah 112 orang, menunjukkan bahwa 77 orang tidak mengetahui dan hanya 35 orang mengetahui. Minimnya media informasi maupun promosi tentang penangan seni Helutrans Yogyakarta, memberikan peluang bagi perancang untuk memberikan solusi pemecahan masalah melalui desain komunikasi visual. Tujuannya agar seniman muda di Yogyakarta lebih mengenal Helutrans Yogyakarta terutama terkait pengetahuan dan keterampilan penanganan karya seni rupa. Solusi yang ditawarkan perancang adalah rancangan komunikasi visual aktivasi jenama sebagai media promosi Helutrans Yogyakarta. Aktivasi merupakan suatu bentuk kegiatan promosi yang dilakukan dengan berinteraksi lebih dekat dengan target audiens melalui berbagai kegiatan. Bentuk aktivasi dalam perancangan ini adalah melalui pameran. Hal tersebut disebabkan karena pameran merupakan bentuk aktivasi yang paling efektif untuk memperkenalkan suatu jenama karena memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah serta mampu memberikan pengalaman langsung kepada target audiens. Dengan adanya interaksi langsung tersebut, pesan bisa tersampaikan secara efektif kepada target audiens. Proses perancangan komunikasi visual aktivasi jenama Helutrans Yogyakarta menerapkan pendekatan berpikir desain Tim Brown guna menggabungkan pemikiran kreatif dan analisis, kemudian menerapkannya untuk memecahkan permasalahan. Media-media dalam aktivasi ditentukan melalui analisis consumers journey untuk menentukan point of contact target audiens. Sebagai sumbangsih dalam bidang keilmuan dan karya ilmiah desain komunikasi visual, hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi tentang proses perancangan komunikasi visual aktivasi jenama guna mempromosikan Helutrans Yogyakarta. Selain itu perancangan ini menjadi bagian dari objek perancangan baru di dunia desain komunikasi visual.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#Penciptaan Dan Pengkajian Seni | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Aktivasi Jenama, Promosi, DKV | ||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual Penciptaan dan pengkajian seni |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 06:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 06:22 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7117 |
Actions (login required)
View Item |