Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana ISI Yogyakarta

Nurcahyadi, Iyut (2020) Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana ISI Yogyakarta. LPPM ISI Yogyakarta.

[img] Text
Cover dan Pendahuluan.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Penelitian Iyut 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan perpustakaan pascasarjana dalam meningkatan prestasi mahasiswa pascasarjana ISI Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan perpustakaan pascasarjana dalam meningkatan prestasi mahasiswa pascasarjana serta hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dengan peranan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Creswell berupa pengumpulan dan melihat data, mengkoding data, mendiskripsikan data dan menginterpretasikan data berdasarkan tema tema. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Dalam meningkatkan prestasi mahasiswa pascasarjana maka perpustakaan melakukan kegiatan sosialisasi secara berkelompok ketika penerimaan mahasiswa baru dan secara individu saat mahasiswa datang ke perpustakaan, untuk sosialisasi tidak langsung melalui media sosial seperti facebook dan whatshaap. 2. Implementasi dari peranan perpustakaan pascasarjana untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti layanan khusus penelusuran e-journal, konfrensi internasional se-asia pasifik, simposium dan pelatihan serta bedah buku. 3. Peranan perpustakaan pascasarjana ISI Yogyakarta sesuai dengan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi yaitu sebagai tempat untuk belajar (edukasi), sumber informasi melalui berbagai koleksi primer dan sekunder dan motivator bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti studi atau pembelajaran di program pascasarjana ISI Yogyakarta. Hambatan dalam melaksanakan berbagai program kegiatan yaitu keterbatasan sumber daya manusia, perlu penataan ulang atau desain interior perpustakaan (penambahan ruang audio visual), koleksi yang berkaian dengan tata kelola seni, best practice, dan partitur musik

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nurcahyadi, Iyutnip198403142009121005
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSahid, Nurnidn131836049
ReviewerPrasetya, Stepanus Hanggar Budinidn132230383
Uncontrolled Keywords: Peranan, Perpustakaan pascasarjana, Prestasi Belajar
Subjects: Karya Ilmiah Pustakawan
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 28 May 2021 08:39
Last Modified: 28 May 2021 08:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8471

Actions (login required)

View Item View Item