Strategi Pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati Secara Daring pada Kelas XI SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta

Risti Rizkinda Sari, Ajeng (2021) Strategi Pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati Secara Daring pada Kelas XI SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ajeng Risti_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Ajeng Risti_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ajeng Risti_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Ajeng Risti_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Ajeng Risti_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Tari Yogya Putri secara daring di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Proses pembelajaran Tari Yogya Putri Kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta tetap berjalan meski dilakukan secara daring di tengah pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pembelajaran secara daring Tari Yogya Putri kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran secara daring pada pembelajaran Tari Yogya Putri kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Guru pengampu Tari Yogya Putri dan peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi metode dan sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran secara daring dapat berjalan pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut terjadi karena strategi guru dalam memotivasi peserta didik agar mengikuti sanggar sangat efektif, tujuan guru memotivasi peserta didik untuk mengikuti sanggar supaya peserta didik dapat mendalami bentuk dan teknik gerak Tari Beksan Srikandi Suradewati. Hasil belajar Tari Yogya Putri peserta didik meningkat karena adanya motivasi dari guru. Hambatan dalam proses pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati secara daring terdapat pada jaringan serta fasilitas yang kurang memadai. Kata Kunci: Pembelajaran Tari, Strategi Guru, Beksan Srikandi Suradewati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Risti Rizkinda Sari, Ajengnim1610103017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tari, Strategi Guru, Beksan Srikandi Suradewati
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ajeng Risti Rizkinda Sari
Date Deposited: 19 Aug 2021 12:12
Last Modified: 19 Aug 2021 12:12
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9116

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item